Skip to main content

Maraih Keuntungan Manis Lewat Usaha Nugget Sosis

Sosis merupakan satu diantara jajanan yang kondang di segala penjuru dunia.

Sosis diproduksi dari daging halus yang diadon dengan campuran rempah-rempah yang dimasukkan pada usus hewan maupun jenis pembungkus lain.

Ada beragam jenis sosis yang didasarkan pada komposisi dasarnya, seperti sosis sapi, sosis ikan, sosis cumi, sosis sayur, sosis kambing, dan lain-lain.

Kata Sosis lahir dari kata “Salsus” yang dalam kaidah Latin diartikan sebagai suatu jajanan yang diasinkan.

Menurut beberapa literarur, olahan kudapan Sosis diduga pertama kali diolah oleh bangsa Sumeria pada tahun 300 sebelum masehi.

Bisnis Sosis

Resep nugget sosis ini kemudian diadopsi oleh seluruh bangsa masa itu dengan kreasi mereka sendiri.

Seperti Sosis Bologna lahir dari kota Bologna di Italia Utara, selanjutnnya Sosis Lyon lahir di kota Lyon di Prancis, dan Sosis Berkshire yang berasal dari Kawasan Britania Raya.

Dalam memproduksi nugget sosis, ada beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan, antara lain:

Menyiapkan Komposisi Sosis serta Alat-alatnya

Bahan nugget sosis disesuaikan dengan jenis daging dan bahan dasar yang akan dibuat, periksa bahan-bahan yang kita pakai adalah bahan yang dalam kondisi fresh agar konsumen tidak sakit hati.

Disamping itu kefreshan bahan utama akan amat mempengaruhi cita rasa dari sosis yang akan Anda olah.

Jika kita tertarik mengadon sosis nugget, maka komposisinya terdiri dari:

– Daging kambing sebanyak 500 gr

– Tepung sagu kurang lebih 50 gr

– Susu skim kira-kira 50 gr

– Pembungkus secukupnya.

Pada masa dulu pelapis adonan terbuat dari usus sapi dan kambing dan Babi, bisa juga komposisi lain yang khusus dibuat untuk kebutuhan lapis-melapisi, misalnya serat sellulosa, kolagen, atau plastik.

Baca juga  Khasiat dan Manfaat Kopi Campur Madu
Selongsong atau bagian luar sosis ini dapat didapat di warung-warung di sekitar lingkungan Anda.

Resep sosis meliputi:

– Garam dapur (1sdm)

– Gula putih secukupnyaumumnya 30gr

– Lada merica (10gr)

– Bawang putih (10gr)

– Lemak ayam secukupnya biasanya 100gr

– Garam nitrat (1gr)

– Minyak goreng (50gr)

– Cuka (20ml)

– Penyedap rasa secukupnya

– Jahe serta pala (3gr)

– Pengenyal phosmix Mp untuk bakso/sosis 1/2sdt

– Es batu kurang lebih 200gr.

Sedangkan perlengkapan dapur yang wajib disiapkan antara lain:

– Alat masak, seperti panci, baskom, pengukus, dsb.

– Mesin penghalus (blender) daging.

– Mesin pengisi sosis (filling sosis) agar proses pembuatan lebih cepat.

Cara Pengolahan Sosis

Daging yang telah bersih, dicacah kemudian digiling dengan mesin penghalus khusus daging.

Ketika tahapan tersebut berlangsung, tambahkan juga garam, garam nitrat, phosmix MP, dan setengah bagian es batu.

Kemudian, tambahkan pula susu skim, tepung sagu, dan bumbu-bumbu.

Sisa es batu juga dimasukkan lagi ke dalam penghalus agar tercipta adonan yang lebih kenyal.

Aduk terus supaya adonan teraduk semua.

Kemudian sebelum proses pencampuran diakhiri, masukkan minyak goreng ke dalam adonan. Langkah berikutnya adalah membiarkan adonan agar agak dingin.

Tahapan ini berjalan selama 1/4 jam. Setelah adonan mulai dingin, maka adonan dimasukkan ke dalam kemasan.

Tahapan membungkus adonan sosis nugget pada kemasan yang berwujud pipa tersebut bisa dilakukan secara manual atau dengan alat filling sosis yang bisa Anda beli di Ramesiamesin.com.

Selepas Langkah pembungkusan sosis selesai, Tahapan lebih lanjut yaitu pengukusan.

Rebus nugget  sosis ke dalam air mendidih yang berthemperatur konstan 60°-70° C selama 50 menit.

Jika Proses perebusan sudah selesai, maka sosis sudah siap dikemas lagi untuk dipasarkan serta diawetkan di freezer.

Tahapan Pemasaran Produk

Proses marketing produk ini dapat kita lakukan dengan menawarkan ke toko-toko swalayan, bisa juga ke pelanggan secara langsung.

Disamping itu, Anda juga dapat memasaknya sebagai menu makanan langsung santap contohnya sosis goreng, sosis bakar, serta sosis gulung mie.

Sumber : https://ramesia.com/usaha-nugget-sosis/
https://ramesia.com/

Manfaat Kemasan Pada Produk Minuman


Pengemasan memang merupakan sebuah struktur terkordinir yang dibuat untuk merencanakan produk supaya siap untuk didistribusikan, disimpan, dijual, dan dipakai.

yang bisa didapatkan dengan adanya wadah atau kemasan pada sebuah produk, salah satunya adalah bisa mendukung produk tersebut supaya terhindar dari risiko kerusakan ketika proses pengiriman .

Tidak cuma itu saja, kemasan produk juga bisa mengamankan produk dari bahaya pencemaran serta masalah fisik lainnya, baik itu berupa tekanan, benturan, maupun getaran.

Diluar dari itu, kemasan produk juga berfungsi untuk menempatkan suatu hasil olahan, ataupun produk industri supaya memiliki bentuk-bentuk yang bisa mempermudah prosedur penyimpanan, pengangkutan, serta penyaluran kepada para pengguna.

Nah, apabila diperhatikan dari sisi pemasarannya, packaging pada suatu produk akan sangat berperan penting, dan menjadi elemen primer yang wajib diperhatikan lagi bagi para produsen.

Selain dapat menaikkan kemungkinan para konsumen untuk membelinya, kemasan produk juga bisa menambah kesan yang lebih di mata para pembeli apabila di-compare dengan merk produk yang tidak menggunakannya.

Karena itulah desain, warna, dan dekorasi dari kemasan perlu dilakukan seindah mungkin, serta diperhatikan dalam mekanisme perencanaannya.

Secara umum, fungsi pengemasan pada bahan makanan terbagi ke beberapa poin, diantaranya adalah:

1.Sebagai tempat sebuah produk selama proses pengiriman, mulai dari pembuat produk, hingga sampai ke tangan pembeli.

2.Mencegah kerusakan dan mengawetkan produk, contohnya seperti menghindarkan dari cahaya ultraviolet, panas matahari, kelembapan suhu, oksigen, benturan, serta kontaminasi dari kotoran ataupun mikroba yang bisa merusak & menurunkan mutu dari suatu produk.

3.Sebagai identitas dari produk, dalam situasi ini, kemasan bisa digunakan untuk media informasi kepada para pelanggan melalui label yang dapat ditemukan pada pack produk tersebut.

4.Meningkatkan daya guna produk, misalnya: memudahkan penghitungan suatu produk berdasarkan packaging-nya, serta memprmudah estimasi pengiriman dan penyimpanan produk tersebut.

5.Menjaga dari dampak yang tidak baik dari sekitar, serta melindungi pula dari unsur mengganggu yang ada di dalam produk.

Contohnya seperti produk yang berbau tajam, ataupun produk yang berbahaya seperti air keras, gas beracun, dll.

Baca juga  Analisa Bisnis Waralaba Roti Bakar
Ataupun produk yang dapat mempengaruhi warna dan aroma, maka dengan pengemasan pada produk dengan baik pastinya bisa menjaga produk-produk lain yang ada di sekitarnya.

1.Memperluas pemakaian dan penjualan produk, misalnya penjualan sirup dan kecap yang meningkat sejak penerapan kemasan pada botol.

2.Menambah interes calon konsumen.

3.Sebagai media informasi dan advertising.

4.Memberi kemudahan bagi para pemakai.
Kualifikasi Persyaratan Bahan Kemas

Dalam menetapkan fungsi perlindungan dari pengemasan produk, maka perlu juga dipertimbangkan faktor-faktor kualitas produk yang nantinya akan dilindungi.

Sebab mutu dari sebuah produk ketika sudah mencapai tangan konsumen sangat tergantung pada kondisi bahan dasar, metode pengolahan, serta tempat penyimpanan dari produk yang hendak dikemas.

Dengan begitu, fungsi dari kemasan tersebut wajib memenuhi beberapa kualifikasi sebagai berikut:

1.Memiliki potensi daya membungkus yang baik untuk memudahkan dalam prosedur penanganan, pengangkutan, distribusi, penyimpanan, dan penyusunan produk.

2.Memiliki kemampuan supaya bisa mengamankan isi produknya dari beraneka ragam risiko yang datang dari luar, misalnya perlindungan dari pengaruh kelembaban udara panas/dingin, cahaya matahari, benda berbau tajam, benturan/tekanan mekanis, dan kontaminasi mikroorganisme.

3.Bisa menjadi daya tarik terhadap konsumen.

Dalam hal ini, pengenalan produk, informasi dan penampilan seperti desain, warna, dan keindahan bahan kemasan wajib di prioritaskan.

4.Persyaratan ekonomi, maknanya adalah, kemampuan dalam memenuhi kemauan pasar, sasaran masyarakat, serta tempat tujuan konsumen.

5.Memiliki ukuran, bentuk, dan bobot yang sesuai dengan asas atau standar yang ada, mudah dibentuk atau dicetak, dan mudah juga untuk di daur ulang kembali.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Membuat Popcorn Bulat dengan Mudah

Sebelum kita mencoba untuk menjual popcorn bulat sebelumnya pastikan kita sudah memilih lokasi berjualan popcorn bulat yang strategis dan ramai karena tak semua orang menyukai popcorn bulat sebagai cemilan ringan, karena masih banyak macam cemilan ringan yang lainnya. Kemudian juga untuk sebuah tempat sewa yang akan dijadikan sebagai tempat penjualan harus disesuaikan dengan harga popcorn bulat dan banyaknya penjualan yang terjadi. Bahan baku dari popcorn bulat adalah jagung dan mentega. Popcorn bulat sendiri ialah jagung atau biji jagung yang dipanaskan dalam suhu yang tinggi. Lalu mentega sendiri dipakai supaya popcorn bulat jadi lebih gurih dan enak. Memasak popcorn bulat tidaklah susah hanya dengan mencapurkan 1 sdm mentega yang sudah disiapkan sebelumnya dan 2 hingga tiga sendok biji jagung ke dalam microwave. Kemudian dalam waktu dua menit popcorn bulat yang gurih dan enak siap untuk dijual dan disantap. Apa itu popcorn bulat? Popcorn bulat merupakan makanan atau jajanan yang

Menentukan Nama Usaha Roti Bakar

Membuat usaha pembuatan roti dengan skala rumahan dapat menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari usaha yang profitabel. Usaha rumahan semacam ini masuk kedalam kategori ukm yang tidak membutuhkan modal terlalu besar dan bisa dijalankan pada tempat dengan ukuran kecil cukup dengan memanfaatkan dapur ataupun garasi rumah bisnis ini sudah bisa dijalankan karena peralatan berupa mesin yang digunakannya tidak berukuran besar. Usaha roti rumahan seperti ini juga dapat dijalankan diberbagai lokasi karena pangsa pasarnya yang cukup luas tentunya pembaca semua pasti pernah melihat di toko pinggir jalan roti seperti ini di jajakan dengan berbagai jenis rasa seperti coklat, moca, susu dan lain sebagainya. Roti di jajakan dengan harga bermacam-macam mulai dari 1000 sampai 10 ribuan tergantung ukuran dan macam nya. Itulah hasil dari produk usaha roti kelas rumahan ini, rata-rata mereka menjual rotinya dengan sistim titip ke warung, setiap hari akan ada petugas bagian datang untuk menghitun

Manfaat Susu Kedelai Alamina Untuk Kesehatan

Manfaat susu kedelai alamina sangat terkenal di Indonesia sebagai satu dari minuman yang begitu bermanfaat dan baik bagi kesehatan. Susu kedelai adalah satu dari olahan kacang kedelai yang cukup gampang dijumpai di mana saja. Selain memiliki rasa yang enak dan favorit banyak orang, minuman ini punya manfaat yang tak kalah baik untuk kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang minum susu kedelai setiap hari mempunyai risiko osteoporosis 56% lebih kecil dibandingkan dengan wanita yang tidak minum susu kedelai. Selain itu, minuman ini bisa meringankan gejala menopause. Biji kedelai juga diduga dapat membantu fungsi kognitif perempuan yang berusia di bawah 65 tahun. Manfaat susu kedelai alamina yang lain tidak bisa lepas dari kandungan yang terdapat dalam kedelai. Nutrisi susu kedelai terletak pada kandungan kedelai yang mencakup protein, karbohidrat, lisin, vitamin E dan K, fiber, dan asam lemak essensialnya. Lisin ialah jenis asam amino yang banyak terkandung dalam susu kedel