Skip to main content

Cara Membuat Capcay Ala Korea yang Nikmat

Anda pasti tahu panganan yang bernama capcay. Masakan ini sangat cocok dijadikan sebuah menu makanan yang lezat bagi family Anda. Sebab, selain cita rasanya yang ekslusif, capcay juga kaya akan nilai gizi didalamnya. Nutrisi tersebut tentu saja sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Lebih dari itu, cap cay juga bisa dimasak menjadi berbagai macam hidangan makanan sehari-hari terutama dibuat menjadi sop kuah yang gurih. Dengan dilengkapi beberapa rempah-rempah yang menyehatkan, kuliner ini pasti akan meningkatkan selera makan Anda kembali tergugah. Baik dengan cara dioseng ataupun dengan cara diberi kuah, cap cai sama-sama enaknya.

Cap cay, capcay atau capcay merupakan salah satu menu masakan yang bersumber dari budaya warga Tionghoa. Kata capcay sendiri berarti 10 sayur, akan tetapi meskipun demikian tidak berarti kita mesti menggunakan sepuluh macam sayuran saat membuat capcay. Sederhananya, capcay dapat diartikan sebagai masakan yang menggunakan banyak sayuran sebagai bahan baku utamanya.

Capcay yang akan kita bahas kali ini merupakan jenis cap cai sederhana. Sebenarnya, resep menu cap cay sederhana tidak jauh berbeda dengan capcay jenis lainnya karena semua jenis capcay menambahkan berbagai varian sayuran, dan yang membedakan hanyalah cara pembuatannya. Sesuai namanya, cara membuat berbagai macam sayuran ini dapat dimasak memakai kuah atau dapat juga ditumis dengan air secukupnya.

Saat membuat capcay, lagi-lagi tidak ada resep yang pasti dan tidak harus menambahkan sepuluh macam sayuran. Seperti biasanya, bahan-bahan capcay ala Korea antara lain adalah: kembang kol, buncis, sawi, cai sim, kapri, jamur kuping, jagung muda dan lain sebagainya. Resep cap cai sederhana tidak mengharuskan berapa jumlah atau jenis sayuran, semua tergantung pada selera dan ketersediaan sayurannya.

Resep Capcay ala Korea Lezat dan Higienis
Saat membuat capcay, yang perlu kita perhatikan adalah tekstur sayuran supaya tidak terlalu lembek. Jika terlalu layu, maka nilai gizi yang terkandung didalamnya akan minim dan warna capcay juga menjadi kurang cantik. Masaklah beberapa saat namun jangan sampai terlalu sebentar dan terlalu matang. Dan sebelum memasak, pastikan sayuran sudah dicuci bersih untuk menjaga kesegarannya.

Baca juga  Cara Membuat Adonan Hiasan Kue Kering
Bahan-bahan Baku Resep Capcay ala Korea
5 potong jagung muda.
5 bh kembang kol, tiris menjadi dua
5 bh brokoli, jadikan dua
5 btg buncis, iris serong dengan pisau
1 batang wortel, iris tipis-tipis
6 buah jamur kancing, belah dua
6 butir bakso sapi, lalu diiris
6 ekor udang kupas
10 buah kapri muda segar, iris mengarah serong
1 buah caisim, potong yang sedang-sedang
1 buah sawi, potong sedang
Bumbu – bumbu
4 butir bawang merah, cincang halus
2 suing bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombay, potong dadu
1 batang daun bawang segar, potong pendek-pendek
1 bh tomat merah, potong dadu
2 cm jahe asli, lalu tumbuk
1 sendok teh garam asin
1 sdt gula pasir manis
1/2 sdt merica jenis bubuk
2 sdm saus tiram
1 sendok makan kecap manis
1 sendok makan tepung maizena
50 ml bumbu penyedap ayam cair
Cara Memasak Capcay ala Korea
Siapkan semua bahan sayuran dan pastikan sudah dibasuh resik sebelumnya, sediakan bumbu-bumbu, larutkan tepung maizena dalam kaldu ayam cair, sisihkan.
Masak semua bawang merah, semua bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
Tambahkan tomat, jahe dan daun bawang sesuai matriks di atas, masak beberapa menit hingga daun bawang agak menyusut.
Tambahkan semua bahan, lalu panaskan sebentar.
Taburkan garam asin, gula pasir alami, merica bubuk, saus tiram dan kecap hitam. aduk sampai rata.
Finally, masukkan larutan sagu maizena dan kaldu ayam cair, olah hingga air matang dan semakin terasa.
Angkat kemudian sajikan hangat.



Potensi Besar Bisnis Mie Sayur

Pengertian Bisnis
Hal yang pertama akan kita bahas yaitu pengertian bisnis. Pengertian bisnis ialah usaha menjual barang atau jasa yang dilaksanakan oleh satu orang, sekelompok orang atau perusahaan kepada masyarakat dengan maksud paling utama ialah meraup laba. Dan sesungguhnya, kita melaksanakan bisnis apapun ialah memang bertujuan untuk meraup keuntungan yang banyak.

Pengertian Potensi Bisnis dan Peluang Bisnis
Potensi merupakan kemampuan yang bisa diperoleh berdasarkan kemampuan internal kita dalam menjalankan bisnis yang apik. Potensi patut kita pahami untuk menunjang apa yang hendak kita jalankan dari sebuah bisnis. Potensi adalah kemampuan internal dari pebisnis tersebut. Kemampuan yang pertama adalah jiwa dari pebisnis, sudah memiliki jiwa seorang pebisnis atau belum. Jiwa pebisnis harus tidak takut mengambil resiko dan bahaya, termasuk resiko untuk bangkrut dan merugi. Yang kedua ialah tentang modal. Kita tak dapat mengelak semakin besar modal yang dipunyai oleh seseorang maka semakin besar pula potensi untuk melakukan sebuah bisnis. Namun, modal bukan hal paling utama karena hal yang lebih utama ialah keinginan untuk berkomitmen dan belajar konsisten dalam menjalankan bisnis.

Sedangkan untuk peluang bisnis, selain mengandalkan potensi bisnis kita juga harus mengetahui peluang bisnis tersebut dan menganalisanya dengan sangat baik. Definisi dari peluang bisnis baru dapat diketahui setelah kita menganalisa menyeluruh tentang bisnis tersebut. Peluang bisnis juga biasanya muncul waktu seseorang mempunyai keinginan untuk memulai suatu bisnis walaupun dengan dana seadanya.

Nah, setelah mengerti definisi bisnis, potensi dan peluang bisnis, maka sudah saatnya untuk mengulas tentang ide bisnis yang mempunyai prospek cerah. Sebenarnya ada banyak ide bisnis yang mempunyai prospek cerah bila dijalankan di Indonesia, terutama bisnis kuliner.

Jika melihat pasar Indonesia, tentu ada banyak sekali peluang usaha makanan yang bisa dijalankan oleh calon pebisnis yang menyukai bisnis makanan. Masyarakat Indonesia terkenal konsumtif dibanding negara-negara lain, termasuk dalam hal makanan. Dan Indonesia terkenal dengan jenis makanannya yang beragam dari berbagai daerah, mulai dari makanan utama hingga makanan ringan. Harganya juga beragam mulai dari yang murah, hingga yang mahal.

Baca juga  Cara Menggiling Daging Bebek yang Baik dan Benar
Bila tertarik untuk mencoba usaha di bidang kuliner Indonesia, maka salah satu usaha kuliner yang perlu anda coba ialah bisnis mie.

Mayoritas masyarakat Indonesia pasti sudah familiar dengan makanan yang satu ini. Makanan ini memiliki rasa yang sangat nikmat dan mudah ditemui dimana saja. Makanan ini memiliki sangat banyak penggemar, baik laki-laki, perempuan, anak kecil, remaja, dewasa, sampai orang tua.

Kenapa Harus Bisnis Mie Sayur?
Indonesia adalah negara pengkonsumsi mie tertinggi nomor 2 di dunia sesudah Tiongkok. Bahkan sekarang ini mie telah menjadi makanan pokok kedua sesudah beras. Banyak olahan kuliner berbahan dasar mie yang dijadikan ladang bisnis, contohnya adalah mie sayur.

Peluang bisnis mie sayur sangatlah bagus dan memberikan banyak keuntungan serta target pasarnya pun sangat luas. Usaha mie sayur merupakan usaha yang tidak akan mati karena penggemar mie sayur sangat banyak dan terdapat dimana-mana. Biarpun sudah banyak yang menjual mie sayur, tapi penikmat mie sayur tidak akan pernah berkurang bahkan semakin berkembang terus.

Bisnis mie sayur ini mempunyai prospek yang bagus untuk jangka waktu yang lama, bahkan usaha mie sayur ini telah memunculkan banyak pebisnis sukses.

Dengan semua kelebihan bisnis mie sayur, maka tidak heran jika banyak pelaku usaha baru yang berkeinginan untuk memulai usaha mie sayur ini. Tapi sebelum memulai bisnis ini, ada beberapa faktor yang mesti diperhatikan.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menjalankan Usaha Mie Sayur
Modal Awal Usaha
Kekurangan modal usaha adalah masalah yang sering terjadi saat hendak memulai sebuah usaha. Ada banyak sekali cara untuk menutupi kekurangan modal awal usaha, semisal dengan mencari partner yang dapat diajak bekerja sama, meminjam ke koperasi atau bank melalui penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk para pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Lokasi Bisnis
Pilihlah lokasi bisnis yang banyak dikunjungi atau lokasi yang dilewati banyak orang. Ketika menentukan tempat bisnis juga harus untuk memperhitungkan modal yang nantinya dikeluarkan. Sejumlah tempat usaha makanan yang strategis misalnya di daerah sekitar sekolah atau kampus, kawasan perkantoran, lingkungan pasar, pusat perbelanjaan, perumahan dan tempat wisata.

Menu Favorit
Baca juga  Cara Membuat Capcay dengan Maizena
Sebelum memulai usaha, sebaiknya melakukan peninjauan tentang menu yang beredar di pasaran terlebih dulu. Kemudian, pilih menu yang paling favorit. Tetapi jika ingin mengurangi jumlah kompetisi, pilih menu-menu yang unik dan belum banyak yang menjual. Namun opsi menu tersebut mesti disesuaikan dengan target pasar atau konsumen.

Sasaran Pasar
Salah satu hal sukses menjalankan bisnis makanan dan minuman adalah menyesuaikan bisnis dengan target konsumen. Walaupun produk dijual dengan harga murah meriah, tapi tidak sesuai dengan keinginan konsumen maka ini bisa jadi masalah.

Sikap dan Perilaku Kepada Konsumen
Penting untuk menjaga sikap ataupun perilaku saat berhadapan pembeli, semakin anda baik dan sopan maka semakin banyak konsumen yang berniat menjadi pelanggan. Coba dibayangkan apakah ada pembeli yang mau berbelanja kepada pedagang yang sombong dan pelit?

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Membuat Popcorn Bulat dengan Mudah

Sebelum kita mencoba untuk menjual popcorn bulat sebelumnya pastikan kita sudah memilih lokasi berjualan popcorn bulat yang strategis dan ramai karena tak semua orang menyukai popcorn bulat sebagai cemilan ringan, karena masih banyak macam cemilan ringan yang lainnya. Kemudian juga untuk sebuah tempat sewa yang akan dijadikan sebagai tempat penjualan harus disesuaikan dengan harga popcorn bulat dan banyaknya penjualan yang terjadi. Bahan baku dari popcorn bulat adalah jagung dan mentega. Popcorn bulat sendiri ialah jagung atau biji jagung yang dipanaskan dalam suhu yang tinggi. Lalu mentega sendiri dipakai supaya popcorn bulat jadi lebih gurih dan enak. Memasak popcorn bulat tidaklah susah hanya dengan mencapurkan 1 sdm mentega yang sudah disiapkan sebelumnya dan 2 hingga tiga sendok biji jagung ke dalam microwave. Kemudian dalam waktu dua menit popcorn bulat yang gurih dan enak siap untuk dijual dan disantap. Apa itu popcorn bulat? Popcorn bulat merupakan makanan atau jajanan yang

Menentukan Nama Usaha Roti Bakar

Membuat usaha pembuatan roti dengan skala rumahan dapat menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari usaha yang profitabel. Usaha rumahan semacam ini masuk kedalam kategori ukm yang tidak membutuhkan modal terlalu besar dan bisa dijalankan pada tempat dengan ukuran kecil cukup dengan memanfaatkan dapur ataupun garasi rumah bisnis ini sudah bisa dijalankan karena peralatan berupa mesin yang digunakannya tidak berukuran besar. Usaha roti rumahan seperti ini juga dapat dijalankan diberbagai lokasi karena pangsa pasarnya yang cukup luas tentunya pembaca semua pasti pernah melihat di toko pinggir jalan roti seperti ini di jajakan dengan berbagai jenis rasa seperti coklat, moca, susu dan lain sebagainya. Roti di jajakan dengan harga bermacam-macam mulai dari 1000 sampai 10 ribuan tergantung ukuran dan macam nya. Itulah hasil dari produk usaha roti kelas rumahan ini, rata-rata mereka menjual rotinya dengan sistim titip ke warung, setiap hari akan ada petugas bagian datang untuk menghitun

Manfaat Susu Kedelai Alamina Untuk Kesehatan

Manfaat susu kedelai alamina sangat terkenal di Indonesia sebagai satu dari minuman yang begitu bermanfaat dan baik bagi kesehatan. Susu kedelai adalah satu dari olahan kacang kedelai yang cukup gampang dijumpai di mana saja. Selain memiliki rasa yang enak dan favorit banyak orang, minuman ini punya manfaat yang tak kalah baik untuk kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang minum susu kedelai setiap hari mempunyai risiko osteoporosis 56% lebih kecil dibandingkan dengan wanita yang tidak minum susu kedelai. Selain itu, minuman ini bisa meringankan gejala menopause. Biji kedelai juga diduga dapat membantu fungsi kognitif perempuan yang berusia di bawah 65 tahun. Manfaat susu kedelai alamina yang lain tidak bisa lepas dari kandungan yang terdapat dalam kedelai. Nutrisi susu kedelai terletak pada kandungan kedelai yang mencakup protein, karbohidrat, lisin, vitamin E dan K, fiber, dan asam lemak essensialnya. Lisin ialah jenis asam amino yang banyak terkandung dalam susu kedel