Skip to main content

Menentukan Nama Usaha Roti Bakar

Membuat usaha pembuatan roti dengan skala rumahan dapat menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari usaha yang profitabel. Usaha rumahan semacam ini masuk kedalam kategori ukm yang tidak membutuhkan modal terlalu besar dan bisa dijalankan pada tempat dengan ukuran kecil cukup dengan memanfaatkan dapur ataupun garasi rumah bisnis ini sudah bisa dijalankan karena peralatan berupa mesin yang digunakannya tidak berukuran besar.

Usaha roti rumahan seperti ini juga dapat dijalankan diberbagai lokasi karena pangsa pasarnya yang cukup luas tentunya pembaca semua pasti pernah melihat di toko pinggir jalan roti seperti ini di jajakan dengan berbagai jenis rasa seperti coklat, moca, susu dan lain sebagainya. Roti di jajakan dengan harga bermacam-macam mulai dari 1000 sampai 10 ribuan tergantung ukuran dan macam nya.

Itulah hasil dari produk usaha roti kelas rumahan ini, rata-rata mereka menjual rotinya dengan sistim titip ke warung, setiap hari akan ada petugas bagian datang untuk menghitung jumlah roti yang laku terjual di hari sebelumnya bersamaan dengan itu mereka juga mengisi kembali apabila stok roti di kios nya mulai berkurang.

Jangkauan penjualannya tergantung dari skala besarnya bisnis pembuatan roti yang di jalankan, jika kemampuan produksi rotinya masih minim biasanya cakupan penjualannya cuma disekitar wilayah produksinya, armada yang digunakan untuk berjualan pun cukup memakai kendaraan roda dua seperti motor atau sepeda.

Sebaliknya untuk bisnis pembuatan roti rumahan yang sudah berskala lumayan besar, cakupan pemasaran mereka biasanya lebih luas karena daya produksi rotinya pun lebih besar, armada yang digunakan untuk penjualan biasanya sudah berupa kendaraan roda empat, usaha pembuatan roti dengan skala seperti ini bahkan pemasarannya sudah mampu mencapai luar kota.

Cara Memulai Bisnis Roti Rumahan
Tertarik dengan model usaha seperti ini? Pertama-tama yang harus Anda persiapkan ialah kemampuan atau kemahiran untuk membuatnya baik dimiliki sendiri atau pun dengan mempekerjakan orang yang ahli dibidang pembuatan roti.

Kemudian juga perlu di berikan berbagai macam alat pendukung berupa mesin dan peralatan produksi lainnya, dalam menyiapkan mesin inilah yang paling memakan banyak dana bisnis karena harga dari tiap mesinnya cukup mahal, diantaranya yang umum di pakai adalah:

Mixer, yang berfungsi untuk membuat adonan utama pembuatan roti.
Mesin Proofer atau biasa disebut lemari pengembang roti, berfungsi untuk mempersingkat proses pengembangan adonan roti sebelum masuk oven.
Dough Divider, atau mesin pembagi adonan. Berguna untuk membentuk dan memecah adonan roti agar ukurannya sama rata.
Oven, berfungsi untuk memanggang sebagai langkah akhir dalam pembuatan roti.
Baca juga  Cara Membuat Adonan Es Puter
Menentukan nama usaha roti bakar juga dibutuhkan. Berbagai jenis alat penunjang lain juga di butuh kan, seperti loyang, pemotong, cetakan roti dan lain sebagainya. Harga dari setiap mesin di atas bervariasi tergantung dari merk nya, sebagai gambaran harganya sekitar 6 jutaan sampai 15 jutaan. Sehingga kalau Anda ingin secara lengkap memiliki semua mesin produksi roti ini, modal yang harus Anda persiapkan antara 30 sampai 50 jutaan.

Cukup besar memang modal yang dibutuhkan, namun jangan dahulu berkecil hati kalau dana bisnis pembuatan roti rumahan Anda belum sampai angka di atas. Contoh yang kami informasikan di atas hanyalah sebagai perkiraan biaya yang diperlukan untuk membeli mesin pembuat roti yang bagus.

Sumber : https://ramesia.com/menentukan-nama-usaha-roti-bakar/

Cara Membuat Adonan Hiasan Kue Ultah


Salah satu bisnis yang terus berkembang pesat ialah usaha di bidang kuliner. Karena makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok setiap individu yang dibutuhkan setiap hari. Untuk itu tidak heran kalau di kota-kota wisata terdapat banyak cafe, restaurant, warung tenda atau yang sejenisnya.

Jika ingin membangun usaha di bidang makanan tentu tidak lepas dari adonan. Adonan merupakan hasil percampuran bahan-bahan sebelum diolah dengan berbagai cara seperti dikukus, digoreng, dipanggang atau didinginkan di kulkas.

Bila dilihat dari komposisi resepnya, adonan dibagi menjadi dua kategori:

1. Adonan padat (dough)

Bahan utama adonan padat adalah tepung yang dicampur air serta bahan lain seperti ragi, telur, lemak, garam sebelum diuleni menggunakan mesin atau tangan sehingga kalis (tidak lengket) dan dapat dibentuk, contohnya: adonan pastry, spaghetti, roti, donat, pizza, tortilla, berbagai varian kue kering, dan kulit beberapa jenis dimsum (siomai, lumpia, bakpao).

2. Adonan encer (batter)

Bahan tepung dalam pembuatan adonan encer biasanya tidak dicampur dengan air, melainkan dicampur dengan gula, telur, atau susu sebelum dicampur dengan mesin atau tangan sampai membentuk cairan yang encer, kental, atau seperti krim, contohnya: adonan wafel, pudding, cake, bolu, panekuk, beberapa jenis kue kering, beberapa varian roti, dan berbagai jenis gorengan.

Namun bila dilihat dari bahan-bahan serta pembuatannya, adonan bisa dibagi menjadi beberapa jenis:
1. Adonan pasir

Adonan pasir ialah adonan yang cara membuatnya menggunakan 2 buah pisau dapur yang dipotong kecil-kecil hingga menyerupai pasir dan diselesaikan dengan cara dibakar atau dioven. Adonan pasir dibagi menjadi dua jenis yaitu :

a. Adonan pasir rasa manis
Adonan sugar pastry menggunakan bahan dasar terigu, margarin, gula pasir, dan kuning telur.
Contohnya: Nastar, bola nanas, putri salju, moka salju dll.

b. Adonan pasir rasa asin (Short pastry)
Adonan pasir rasa asin menggunakan bahan dasar tepung terigu, mentega, sedikit garam dan kuning telur.
Contohnya: Kue krakeling asin, kastengel, bola keju dll.

2. Adonan rebus

Adonan rebus adalah adonan yang cara membuatnya dengan direbus dan dimatangkan dengan cara direbus/dikukus, dioven dan digoreng.
Contohnya: Berbagai jenis kue sus, Bubur manis/cendol, nagasari beras/hungkue, jenang.
3. Adonan Lembaran

Baca juga  Cara Membuat Tepung Garut
Adonan lembaran adalah adonan yang proses pembuatannya dengan digiling atau ditipiskan sampai menyerupai lembaran dan dimatangkan dengan cara digoreng atau dioven.
Adonan Lembaran ada dua jenis:

a. Adonan (Pie)
Adonan Pai (Pastei menggunakan bahan baku tepung terigu, margarin dingin, garam dan air yang diselesaikan dengan dioven dan berguna untuk kulit kue.

b. Adonan Feuillete atau Bladerdeeg
Adonan ini menggunakan bahan baku tepung terigu, korsvet (lemak padat) serta air es sehingga akan menghasilkan kue yang berlapis-lapis yang dimatangkan dengan cara digoreng atau dioven.
Contoh: Roti amandel, kue puff pastry, kue roomhorn, dll.

4. Adonan goreng
Adonan goreng ialah adonan yang diselesaikan dengan cara digoreng.
Adonan goreng terbagi menjadi 3 jenis antara lain:

a. Adonan goreng biasa
Adonan ini menggunakan bahan baku tepung (tepung beras, terigu atau ketan) dan air (air biasa atau air santan).
Contohnya: Pisang goring, mendoan, rempeyek, keripik tempe, dll.

b. Adonan fritur
Adonan fritur ialah adonan goreng yang membuatnya dengan didadar terlebih dahulu.
Contoh: berbagai macam risoles atau lumpia.

c. Adonan beignet
Adonan beignet ialah adonan yang menggunakan bahan baku terigu, telur, dan susu. Bentuk adonan beignet agak kental dan umumnya digunakan untuk menggoreng berbagai macam seperti nangka, nanas, pisang dan apel.

5. Adonan bolu

Adonan bolu adalah adonan yang cara pembuatannya dengan dikocok atau dimixer dan diselesaikan dengan cara dioven atau dikukus.
Adonan bolu terbagi menjadi 4 jenis yaitu:

a. Adonan bolu biasa
Adonan bolu biasa ialah adonan yang tidak menggunakan lemak margarin/mentega) atau menggunakan sedikit lemak
sehingga menghasilkan kue bolu yang teksturnya agak kasar (pori-porinya terlihat besar).

b. Adonan bolu cake
Adonan ini menggunakan bahan dasar tepung, telur, gula dan lemak dengan takaran yang sama dan diselesaikan dengan cara dikukus atau dioven.

Ciri cake yang baik ialah mengembang, teksturnya halus (pori-pori kecil), lunak, permukaan rata, kulit tipis, dan warnanya agak kecoklatan.
Contoh: Roll cake, lapis legit, cake mandarin, cake salju, dll.

Baca juga  Peluang Usaha Bakso Goreng, Renyah Baksonya Besar Profitnya
c. Adonan bolu moskovis
Adonan bolu moskovis ialah adonan bolu yang cara membuatnya menggunakan lemak (margarin/mentega) yang didinginkan terlebih dahulu dengan es dan diselesaikan dengan oven. Tekstur bolu moscovis lebih halus dan lembut (pori-pori kue hampir tidak terlihat) dari adonan bolu cake.
Contohnya: Berbagai macam kue tart, kue tulban.

d. Adonan chiffon cake
Adonan chiffon cake adalah adonan yang bahan lemaknya tidak memakai margarin/mentega, tetapi menggunakan santan/minyak. Selain itu memakai bahan khusus seperti cream of tartar.



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Membuat Popcorn Bulat dengan Mudah

Sebelum kita mencoba untuk menjual popcorn bulat sebelumnya pastikan kita sudah memilih lokasi berjualan popcorn bulat yang strategis dan ramai karena tak semua orang menyukai popcorn bulat sebagai cemilan ringan, karena masih banyak macam cemilan ringan yang lainnya. Kemudian juga untuk sebuah tempat sewa yang akan dijadikan sebagai tempat penjualan harus disesuaikan dengan harga popcorn bulat dan banyaknya penjualan yang terjadi. Bahan baku dari popcorn bulat adalah jagung dan mentega. Popcorn bulat sendiri ialah jagung atau biji jagung yang dipanaskan dalam suhu yang tinggi. Lalu mentega sendiri dipakai supaya popcorn bulat jadi lebih gurih dan enak. Memasak popcorn bulat tidaklah susah hanya dengan mencapurkan 1 sdm mentega yang sudah disiapkan sebelumnya dan 2 hingga tiga sendok biji jagung ke dalam microwave. Kemudian dalam waktu dua menit popcorn bulat yang gurih dan enak siap untuk dijual dan disantap. Apa itu popcorn bulat? Popcorn bulat merupakan makanan atau jajanan yang

Manfaat Susu Kedelai Alamina Untuk Kesehatan

Manfaat susu kedelai alamina sangat terkenal di Indonesia sebagai satu dari minuman yang begitu bermanfaat dan baik bagi kesehatan. Susu kedelai adalah satu dari olahan kacang kedelai yang cukup gampang dijumpai di mana saja. Selain memiliki rasa yang enak dan favorit banyak orang, minuman ini punya manfaat yang tak kalah baik untuk kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang minum susu kedelai setiap hari mempunyai risiko osteoporosis 56% lebih kecil dibandingkan dengan wanita yang tidak minum susu kedelai. Selain itu, minuman ini bisa meringankan gejala menopause. Biji kedelai juga diduga dapat membantu fungsi kognitif perempuan yang berusia di bawah 65 tahun. Manfaat susu kedelai alamina yang lain tidak bisa lepas dari kandungan yang terdapat dalam kedelai. Nutrisi susu kedelai terletak pada kandungan kedelai yang mencakup protein, karbohidrat, lisin, vitamin E dan K, fiber, dan asam lemak essensialnya. Lisin ialah jenis asam amino yang banyak terkandung dalam susu kedel